Jelajah Kota

Tempat Wisata Populer di Samarinda, Paling Recommended!

Tempat Wisata Populer di Samarinda, Paling Recommended!

Kamu sedang berlibur di Kalimantan Timur? Tidak lengkap rasanya jika tidak mampir ke Kota Samarinda. Meski kerap disebut sebagai kota yang sektor pariwisatanya belum terlalu berkembang namun sejatinya banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi. Ingin daftar lengkap dari tempat Wisata Populer di Samarinda tersebut? Yuk, simak dalam penjelasan yang ada di bawah ini:

1. Wisata Populer di Samarinda: Rumah Ulin Arya

Rumah Ulin Arya (RUA) adalah sebuah tempat rekreasi keluarga dengan model kekinian. Tidak seperti taman rekreasi lain yang biasanya terletak di tengah kota, Rumah Ulin Arya berada jauh dari keramaian sehingga tempatnya sunyi dan tenang.

Dengan luas lahan mencapai 3 hektar, Rumah Ulin Arya memiliki belasan wahana yang dibuat khusus untuk anak-anak dan dewasa. Wahana paling diminati di sini adalah Mini Farm (Kebun Binatang Mini) serta kolam renang dengan kedalaman yang berbeda.

Mini Farm sendiri berisi berbagai binatang lucu di mana kamu akan diajak untuk bermain dan memberi makan berbagai macam hewan. Uniknya di area Mini Farm kamu akan menemukan beberapa hewan unik contohnya seperti musang dan burung onta.

Jika ingin melepas penat pasca berkeliling di area Rumah Ulin Arya, kamu bisa berpindah ke area kolam renang. Tenang saja karena kolam di RUA ada yang memang khusus untuk dewasa dan anak-anak.

Jika ingin mengabadikan momen, terdapat pula dua lokasi yang sangat cocok untuk swafoto. Tempat tersebut antara lain adalah Labirin dan Dino Riding, keduanya punya desain interior yang unik sehingga cocok untuk memperbarui feed sosial media kamu.

Alamat: Jalan Balur, Kecamatan Samarinda Utara, Provinsi Kalimantan Timur
Harga Tiket Masuk: Rp 30.000 – Rp 60.000
Jam Buka: 08.00 – 16.30 WITA

Ingin merasakan kesejukan alam yang masih natural? Air Terjun Pinang Seribu bisa jadi spot terbaik!

2. Wisata Populer di Samarinda: Air Terjun Pinang Seribu

Bagi kamu yang suka mengunjungi air terjun pasti sudah akrab dengan lokasi wisata pegunungan dan jalur trekking ekstrim. Namun Samarinda punya cerita berbeda karena Air Terjun Pinang Seribu hadir dengan akses yang mudah untuk dilalui.

Kemudahan untuk melakukan trekking akan ditambah dengan banyaknya fasilitas wisata yang tersedia di Air Terjun Pinang Seribu. Secara umum, tinggi ari terjun memang hanya 5-meter namun dan punya kemiringan 45 derajat,

Begitu juga dengan kolam yang ada di bawah guyuran air terjun, kedalaman yang tidak seberapa membuatnya bisa digunakan untuk berenang. Tidak perlu menggunakan pelampung untuk berenang di sini.

Udara di sekitar air terjun juga sangat sejuk karena dikelilingi oleh berbagai pepohonan. Uniknya, di sekitar air terjun banyak terdapat gazebo yang digunakan para pengunjung untuk bersantai dan menikmati pemandangan di sekitar.

Alamat: Sempaja Utara, Kecamatan Samarinda Utara, Provinsi Kalimantan Timur
Harga Tiket Masuk: Rp 20.000
Jam Buka: 24 Jam

BACA JUGA: BERBURU MAKANAN LEZAT, KULINER SAMARINDA JAWABANNYA!

3. Teras Alam Ulin

Samarinda tak luput dari pergeseran selera wisata masyarakat yang lebih mendambakan wisata kekinian dan berbagai spot foto instagramable. Buktinya wisata dengan konsep seperti yang disebutkan tadi terus menjamur.

Teras Alam Ulin (TAU) contohnya yang hadir tepat di tengah Kota Samarinda. Sesuai dengan namanya, TAU terletak di lahan yang cukup tinggi. Saat pertama kali masuk akan tampak kumpulan gazebo yang di bawahnya dipenuhi kolam ikan.

Nah kolam ikan itu sering kali dijadikan tempat untuk melakukan terapi. Meski berada di tengah kota namun jangan khawatir sebab udara di sini sejuk karena di sekitarnya banyak dipenuhi oleh berbagai macam tumbuhan. Ada kafe juga yang siap memberikan kamu makanan dan minuman kala bersantai di Rumah Ulin Samarinda. Secara keseluruhan, tempatnya sangat worth it untuk dikunjungi.

Alamat: Jalan Bersama, Kecamatan Samarinda Utara, Provinsi Kalimantan Timur
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000
Jam Buka: 09.30 – 18.00 WITA

BACA JUGA: WISATA PANTAI DI BALIKPAPAN, PESONA BAHARI TERBAIK!

4. Wisata Populer di Samarinda: Jungle Water World

Jungle Water World adalah sebuah wahana wisata air yang cukup unik di Samarinda. Tidak seperti water boom lain, Jungle Water World didesain dengan nuansa ala hutan amazon. Alhasil kamu bisa merasakan sensasi petualangan di sini.

Setiap kolam yang tersedia di Jungle Water World diiringi dengan suasana hutan tropis. Salah satu wahana favorit dari para pengunjung adalah Wadah Behanyut yang akan mengajak kamu terbawa arus sepanjang 412-meter sambil menggunakan pelampung.

Selain Wadah Behanyut, Jungle Water World juga punya wahana lain untuk membuat kamu agar bisa seru-seruan. Di antaranya seperti sepeda air, naik perahu hingga naik perahu kano bersama.

Alamat: Jalan Bontang- Samarinda, Samarinda Utara, Provinsi Kalimantan Timur
Harga Tiket Masuk: Rp 55.000
Jam Buka: 09.00 – 17.00 WITA

Keindahan malam hari bisa kamu nikmati di Taman Lampion Garden Samarinda.

5. Taman Lampion Garden Samarinda

Taman Lampion Garden adalah tempat yang cocok bagi kamu yang mencari destinasi wisata instagramable, namun ramah di kantong. Hanya dengan Rp 15.000 saja, kamu sudah bisa menikmati sebuah taman lampion di pinggir Sungai Mahakam.

Sesuai dengan namanya, saat pertama kali masuk ke lokasi ini, kamu akan disuguhi dengan berbagai lampion dengan bentuk yang unik. Tingkat keterangan dari setiap lampion juga diatur agar serendah mungkin agar menimbulkan vibes yang syahdu.

Di dalam Taman Lampion ini kamu juga akan mendapati sebuah kafe yang semua meja makanannya dijejer tepat di samping Sungai Mahakam. Datang pada sore hari sebelum jam 5 adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat ini. Menikmati makanan atau dessert sambil memandangi panorama Sungai Mahakam disertai dengan sinar lampion, menarik bukan?

Alamat: Jalan Slamet Riyadi No.75, Kecamatan Sungai Kunjang, Kalimantan Timur
Harga Tiket Masuk: Rp 15.000
Jam Buka: 15.00 – 23.00 WITA

kurniawan

Recent Posts

Hidden Gems Sumatera, 6 Tempat Wisata Dumai Paling Eksotis!

Hidden Gems Sumatera, 6 Tempat Wisata Dumai Paling Eksotis! Tempat Wisata Dumai - Dumai adalah…

1 year ago

WOW, Rekomendasi Wisata Alam di Jambi Paling Populer!

WOW, Rekomendasi Wisata Alam di Jambi Paling Populer! Wisata Alam di Jambi - Wisata alam…

1 year ago

Sangat Hits! Tempat Wisata di Jember Paling Kekinian!

Sangat Hits! Tempat Wisata di Jember Paling Kekinian! Dalam konteks tempat wisata di Jawa Timur,…

1 year ago

6 Tempat Wisata Bahari Bengkulu, Sangat Eksotis!

6 Tempat Wisata Bahari Bengkulu, Sangat Eksotis! Terletak di lautan Sumatera Barat, Bengkulu menyimpan banyak…

1 year ago

6 Tempat Wisata Kupang Untuk Berlibur!

6 Tempat Wisata Kupang Untuk Berlibur! Kupang dikenal sebagai kota dengan bangunan dengan corak arsitektur…

1 year ago

6 Tempat Wisata di Tasikmalaya Untuk Liburan Akhir Pekan!

6 Tempat Wisata di Tasikmalaya Untuk Liburan Akhir Pekan! Akhir pekan bingung mau berlibur ke…

1 year ago