Jelajah Kota

6 Tempat Wisata Kupang Untuk Berlibur!

6 Tempat Wisata Kupang Untuk Berlibur!

Kupang dikenal sebagai kota dengan bangunan dengan corak arsitektur kolonial. Namun ternyata kota di wilayah timur Indonesia ini juga menyimpan berbagai tempat wisata untuk berlibur. Bagi, kamu yang sedang berencana untuk mengeksplorasi Kota Kupang, jangan sampai melewatkan 6 rekomendasi Tempat Wisata Kupang di bawah ini:

1. Gunung Fatubraun Amarasi Selatan

Sudah pernah mengunjungi tempat wisata berbentuk perbukitan batu? Kupang punya Gunung Fatubraun Amarasi Selatan yang diklaim paling eksotis di Indonesia. Sebelumnya gunung ini memang tidak terkenal karena akses jalan yang susah.

Namun kini sudah berbeda, ada perbaikan akses jalan sehingga bisa dengan mudah dilalui oleh wisatawan sehingga berubah menjadi tempat paling hits di Kupang. Ada 3 konsep pariwisata di Gunung Faturabun yaitu agrowisata, ekowisata dan panjat tebing.

Puncak batu dari Gunung Faturabun sendiri memiliki tinggi 400 mdpl sehingga pemandangan indah Kabupaten Kupang akan tersaji di hadapan kamu. Melalui puncak tersebut, kamu juga akan melihat pemandangan pantai laut selatan.

Momen yang dinantikan para pengunjung adalah ketika memasuki sore hari. Hal tersebut karena kamu bisa menyaksikan tenggelamnya matahari dari ketinggian. Jangan lupa untuk mengabadikan momen ini guna update sosial media juga ya!

Alamat: Desa Tuatuka, Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang
Harga Tiket Masuk: Gratis
Jam Buka: 24 Jam

Nikmati kesejukan alam yang asri dan natural di Air Terjun Oenesu.

2. Tempat Wisata Kupang: Air Terjun Oenesu

Kupang memang tak pernah kehabisan stok wisata alam eksotis untuk tempat liburan. Keberadaan Air Terjun Oenesu adalah contohnya yang hadir dengan lanskap unik karena memiliki beberapa tingkat.

Uniknya, di setiap tingkat yang ada pada air terjun ini juga terdapat kolam dengan kedalaman berbeda. Banyak pengunjung yang kemudian memanfaatkan kolam tersebut untuk sekedar mandi atau berendam.

Perjalanan pada saat trekking ke lokasi Air Terjun Oenesu juga dijamin tidak akan membosankan. Hal ini karena kamu akan melewati beberapa wilayah hutan dengan udara yang sejuk.

Alamat: Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Provinsi NTT
Harga Tiket Masuk: Rp 2.000

BACA JUGA: KETAHUI, 10 WISATA AMBON PALING CANTIK!

3. Gurun Pasir Kupang Pantai Outene

Ingin nge-trip ke dua tempat wisata hanya dengan sekali jalan? Pergi ke Gurun Pasir Kupang Pantai Outene jawabannya! Ya, kamu tidak salah dengar, Pantai Outene di Kupang punya hamparan padang pasir mirip seperti yang ada di wilayah timur tengah.

Gurun Pasir yang ada di Pantai Outene memiliki luas 100 meter, di gurun ini juga ada tiupan angin sepoi-sepoi. Alhasil, vibes yang dihasilkan membuat kamu seakan berada di Gurun Sahara.

Hamparan pasir tersebut tentu juga cocok jika digunakan untuk latar belakang foto. Namun saat ke Gurun Pasir Pantai Outene pastikan jika cuaca sedang cerah agar kamu bisa menikmati eksotisme-nya.

Nah, tidak jauh dari area gurun pasir, kamu bisa pindah mengunjungi Pantai Outene yang tidak kalah indah. Perpaduan birunya Laut Timor yang disertai dengan jajaran pohon kasuari akan membuat kamu betah menghabiskan liburan di sini.

Deburan ombak dari Pantai Outene juga terhitung sangat tenang sehingga wilayah perairannya bisa digunakan untuk bermain air. Di sore hari, pemandangan matahari yang terbenam di sebelah barat.

Alamat: Desa Tufanu, Kecamatan Kualin, Kabupaten Timor Selatan, Provinsi NTT
Harga Tiket Masuk: Rp 3.000
Jam Buka: 24 Jam

Di dalam Goa Kristal, temukan sumber air dalam tebing gua yang indah!

4. Tempat Wisata Kupang: Goa Kristal

Ada alasan mengapa Goa Kristal masuk sebagai salah tempat wisata favorit di Kupang. Tempat ini bukan hanya sekedar goa karena di dalamnya terdapat sebuah kolam dengan warna air yang sangat jernih.

Lokasi kolam itu  sendiri tidak jauh dari mulut goa yang hanya berjarak 150 meter. Sepanjang perjalanan ke kolam, kamu akan menyusuri jalanan berbentuk bebatuan yang melindungi kamu dari teriknya panas matahari.

Kolam di Goa Kristal sangat jernih warnanya dan bersih baik dari sampah maupun lumpur. Air Nya juga dingin, sehingga cocok digunakan untuk berenang. Gradiasi warna air biru kehijauan dari kolam juga membuatnya cocok menjadi background untuk foto.

Alamat: Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Provinsi NTT
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000
Jam Buka: 09.00 – 17.00

BACA JUGA: INI HIDDEN GEMS DI BALI, BELUM BANYAK DIJAMAH!

5. Embung Oelemin

Embung Oelemin adalah salah satu tempat yang kerap dijadikan warga Kupang untuk melakukan piknik aesthetic. Dibangun pada tahun 1993, awalnya Embung Oelemin dibangun untuk mengatasi masalah defisit air di daerah sekitarnya.

Oleh karena lingkungan sekitarnya yang menawarkan keindahan suasana alam, Embung Oelemin kemudian banyak digunakan untuk wisata. Tempat ini bahkan kerap viral di sosial media.

Cukup bermodalkan alas untuk duduk serta makanan yang dibawa dari rumah, kamu sudah dapat piknik aesthetic disini. Udaranya juga sangat sejuk yang disertai hembusan angin sepoi-sepoi. Istimewanya lagi, untuk dapat masuk ke area Embun Oelemin kamu tidak perlu merogoh kocek sama sekali. Namun jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan di sekitar area ini ya!

Alamat: Jalan Fatukoa, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang
Harga Tiket Masuk: Gratis

Pantai Tablolong menyuguhkan pesona bahari yang unik, syahdu dan damai.

6. Tempat Wisata Kupang: Pantai Tablolong

Selain Pantai Ounene, ada Pantai Tablolong yang siap menjadi tempat singgah selama kamu berlibur. Hamparan pasir putih serta birunya air pantai menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang ingin berkunjung.

Tidak hanya hadir sebagai tempat wisata, Pantai Tablolong juga mendapat julukan sebagai “Surga Para Pemancing di Selatan Kupang”. Oleh karena itu tidak afdal rasanya jika berkunjung ke Pantai Tablolong tanpa berburu ikan. Di beberapa sudut di Pantai Tablolong juga ada gazebo yang tersedia bagi para pengunjung yang ingin menikmati pemandangan di sekitar.

Alamat: Desa Tablolong, Kecamatan Kupang Barat, Provinsi NTT
Harga Tiket Masuk: Rp 2.000
Jam Buka: 24 Jam

kurniawan

Recent Posts

Hidden Gems Sumatera, 6 Tempat Wisata Dumai Paling Eksotis!

Hidden Gems Sumatera, 6 Tempat Wisata Dumai Paling Eksotis! Tempat Wisata Dumai - Dumai adalah…

1 year ago

WOW, Rekomendasi Wisata Alam di Jambi Paling Populer!

WOW, Rekomendasi Wisata Alam di Jambi Paling Populer! Wisata Alam di Jambi - Wisata alam…

1 year ago

Sangat Hits! Tempat Wisata di Jember Paling Kekinian!

Sangat Hits! Tempat Wisata di Jember Paling Kekinian! Dalam konteks tempat wisata di Jawa Timur,…

1 year ago

6 Tempat Wisata Bahari Bengkulu, Sangat Eksotis!

6 Tempat Wisata Bahari Bengkulu, Sangat Eksotis! Terletak di lautan Sumatera Barat, Bengkulu menyimpan banyak…

1 year ago

Tempat Wisata Populer di Samarinda, Paling Recommended!

Tempat Wisata Populer di Samarinda, Paling Recommended! Kamu sedang berlibur di Kalimantan Timur? Tidak lengkap…

1 year ago

6 Tempat Wisata di Tasikmalaya Untuk Liburan Akhir Pekan!

6 Tempat Wisata di Tasikmalaya Untuk Liburan Akhir Pekan! Akhir pekan bingung mau berlibur ke…

1 year ago