Jelajah Kota

6 Tempat Wisata Bahari Bengkulu, Sangat Eksotis!

6 Tempat Wisata Bahari Bengkulu, Sangat Eksotis!

Terletak di lautan Sumatera Barat, Bengkulu menyimpan banyak destinasi Wisata Bahari Bengkulu estetik. Tidak heran jika pada akhirnya Kota Bengkulu kerap menjadi rujukan bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Nah, untuk kamu yang sedang berencana liburan ke Bengkulu, OYO Rooms punya rekomendasi tempat wisata yang wajib dikunjungi. Apa saja tempat wisata itu? Lets, check it out!

1. Pantai Padang

Deretan tempat wisata di Bengkulu memang kebanyakan didominasi oleh pantai. Salah satu yang paling eksotis adalah Pantai Padang. Lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Bengkulu dan bisa ditempuh dengan 44 menit perjalanan.

Daya tarik utama dari Pantai Padang terletak pada bentuknya yang unik yaitu bisa melihat pantai dari ketinggian lewat tebing serta keberadaan danau alami tepat di sebelahnya. Alhasil, kamu bisa melihat eksotisme Pantai Padang dari ketinggian.

Dua keunikan tersebut dipadukan juga dengan hamparan pasir putih, suasana sejuk serta air di pantai yang berwarna biru dan jernih. Di sekitar lokasi pantai, kamu juga bisa menemukan sebuah sumur raksasa dengan diameter yang sangat besar.

Hal paling penting, jangan sampai lupa mengabadikan momen di Pantai Panjang. Spot favorit dari para pengunjung sendiri adalah di ujung tebing, terlebih jika foto yang diambil bersamaan dengan tenggelamnya matahari.

Terakhir, bila kamu butuh tempat beristirahat atau bersantai, di pinggiran Pantai Panjang sudah banyak tersedia kafe yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman. Pasti sangat menarik liburan ke Pantai Panjang.

Alamat: Kelurahan Penurunan, Kecamatan Ratu Samban, Bengkulu
Harga Tiket: Rp 5.000
Jam Buka: 24 Jam

Seorang turis sedang menikmati keindahan sekitar Pulau Enggano.

2. Wisata Bahari Bengkulu: Pulau Enggano

Dalam hal keberadaan pulau yang eksotis, Bengkulu tak hanya memiliki Pulau Tikus saja. Ada, Pulau Enggano yang siap membuat liburan kamu berkesan dan tak terlupakan.

Memang, untuk mencapai Pulau Enggano dibutuhkan usaha ekstra karena letaknya berada pada bagian terluar Provinsi Bengkulu. Namun perjuangan tersebut setara dengan pesona yang ada di dalam pulau.

Pulau Enggano sendiri berbeda dengan Pulau Tikus karena berisikan berbagai macam wisata bahari. Mulai dari pantai, tebing tinggi hingga lautan luas, sehingga datang ke Pulau Enggano sama dengan mengunjungi beberapa tempat wisata sekaligus. Berikut daftar lengkap tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Pulau Enggano:

  • Pantai Konang
  • Pesisir Telapak Kaki Batu Layar
  • Pantai Kahyapu
  • Danau Bak Blau
  • Tebing Pakiu

Semua daftar tempat wisata itu memiliki keindahan tersendiri. Beberapa bahkan sangat cocok sebagai tempat untuk melakukan surfing.

BACA JUGA: TERBAIK, WISATA PALEMBANG PENUH DENGAN PESONA ALAM!

2. Pulau Tikus

Pulau Tikus juga wajib ada dalam itinerary liburan kamu, meski hanya memiliki luas sebesar 0.5 hektar namun pesona yang ada di dalamnya siap menghipnotis siapa saja yang datang. Dijamin, acara liburan kamu di Bengkulu tidak akan membosankan.

Saat pertama kali menginjakkan kaki ke Pulau Tikus, kamu akan langsung disambut dengan hamparan pasir putih serta air laut jernih berwarna hijau tosca. Uniknya, di sekitar pulau ini terdapat beberapa terumbu karang.

Aktivitas seperti diving dan snorkeling menjadi suatu hal yang wajib untuk dilakukan selama berada di sini. Saat melakukan diving atau snorkeling, kamu seakan diajak berinteraksi secara langsung dengan biota bawah laut.

Alamat: Perairan Pantai Bengkulu
Harga Tiket: Gratis, hanya membayar biaya penyebrangan dari pusat Kota Bengkulu

OYO Hotel adalah spot inap terbaik untuk kamu saat liburan & staycation!

3.  Wisata Bahari Bengkulu: Pantai Panjang

Pantai Panjang diklaim memiliki garis pantai paling panjang di Indonesia, luasnya terbentang hingga 3 kecamatan berbeda. Luas wilayah pantai ini selaras dengan pesonanya sehingga cocok digunakan pada saat berlibur.

Ada hal menarik di Pantai Panjang, yaitu semua wilayahnya didominasi oleh pohon pinus dan cemara. Hal ini pada akhirnya membuat suasana Pantai Panjang menjadi semakin sejuk karena angin yang berhembus sepoi-sepoi.

Aktivitas favorit wisatawan ketika berada di sini biasanya adalah mulai dari bermain pasir putih, berenang di tepian pantai hingga menikmati es kelapa muda sambil memandangi keindahan Pantai Panjang.

Alamat: Kecamatan Ratu Agung, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu
Harga Tiket: Rp 5.000
Jam Buka: 24 Jam

BACA JUGA: INGIN CARI SPOT TERBAIK? INI WISATA ALAM AEK KANOPAN!

4.  Pulau Kumayan

Dalam beberapa waktu terakhir ini,  wisata Pulau Kumayan adalah objek wisata yang sedang hits di bengkulu. Pulau Kumayan adalah tempat wisata yang dibuat oleh warga di atas tanah rawa.

Sebelum berdiri, pada awalnya Pulau Kumayan adalah sebuah daerah rawa biasa. Namun rawa yang dulunya terlihat tak terawat ini kini sudah diubah menjadi sebuah tempat wisata yang instagramable.

Pada rawa-rawa ini, dilengkapi dengan banyak spot memancing serta swafoto. Tempat favorit untuk mengambil foto antara lain adalah bangunan berbentuk hati, sarang burung serta tangga yang menjulang tinggi.

Uniknya, semua lokasi dihubungkan oleh sebuah jembatan kayu sehingga kamu bisa berjalan sambil menikmati suasana alam yang masih sangat terjaga. Terdapat pula penjual makanan dan minuman dengan berbagai variasi menu.

Alamat: Jalan Air Nakau, Kecamatan Sungai Serut, Bengkulu
Harga Tiket Masuk: Rp 7.000
Jam Buka: 08.15 – 17.00 WIB

Curug 9 bisa dijadikan referensi utama saat mencari kesejukan khas alami.

6. Wisata Bahari Bengkulu: Curug 9

Sudah menjadi rahasia umum jika Bengkulu kaya akan koleksi wisata bahari. Namun destinasi yang tersedia tidak melulu soal pantai dan pulau saja. Sebab, ada Curug 9 yang siap memberikan kamu alternatif tempat wisata estetik.

Disebut Curug 9 karena aliran air terjun yang memiliki 9 tingkat berbeda. Tidak seperti air terjun bertingkat lain, setiap dari 9 tingkatan tersebut bisa diakses oleh para pengunjung sehingga kamu bisa memilih akan berada pada tingkat yang mana.

Curug  memang agak jauh dari jangkauan para wisatawan sehingga keasrian alamnya masih sangat terjaga. Kamu bahkan bisa menyaksikan keberadaan flora dan fauna yang ada di sekitar lokasi.

Alamat: Marga Sakti, Kecamatan Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara
Harga Tiket Masuk: Rp 7.500
Jam Buka: 24 Jam

kurniawan

Recent Posts

Hidden Gems Sumatera, 6 Tempat Wisata Dumai Paling Eksotis!

Hidden Gems Sumatera, 6 Tempat Wisata Dumai Paling Eksotis! Tempat Wisata Dumai - Dumai adalah…

1 year ago

WOW, Rekomendasi Wisata Alam di Jambi Paling Populer!

WOW, Rekomendasi Wisata Alam di Jambi Paling Populer! Wisata Alam di Jambi - Wisata alam…

1 year ago

Sangat Hits! Tempat Wisata di Jember Paling Kekinian!

Sangat Hits! Tempat Wisata di Jember Paling Kekinian! Dalam konteks tempat wisata di Jawa Timur,…

1 year ago

Tempat Wisata Populer di Samarinda, Paling Recommended!

Tempat Wisata Populer di Samarinda, Paling Recommended! Kamu sedang berlibur di Kalimantan Timur? Tidak lengkap…

1 year ago

6 Tempat Wisata Kupang Untuk Berlibur!

6 Tempat Wisata Kupang Untuk Berlibur! Kupang dikenal sebagai kota dengan bangunan dengan corak arsitektur…

1 year ago

6 Tempat Wisata di Tasikmalaya Untuk Liburan Akhir Pekan!

6 Tempat Wisata di Tasikmalaya Untuk Liburan Akhir Pekan! Akhir pekan bingung mau berlibur ke…

1 year ago