Jelajah Kota

Wisata Alam di Kupang, Surga Indonesia Timur!

Wisata Alam di Kupang, Surga Indonesia Timur!

Kupang jadi destinasi yang wajib kamu kunjungi saat ke Nusa Tenggara Timur. Menjadi salah satu spot terbaik di NTT, Kupang menyimpan banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi. Berikut rekomendasi Wisata Alam di Kupang untuk kamu!

1. Goa Kristal

Goa Kristal yang cantik ini cuma memiliki jarak sekitar 30 menit dari pusat Kota Kupang saja loh! Kamu bisa menemukan Goa Kristal ini di kawasan pemukiman penduduk. Dari luar, tepi gua lebih terlihat seperti lubang kecil di antara semak yang rimbun. Namun ketika kamu masuk ke dalam, kamu akan disuguhkan dengan indahnya goa yang sebening kristal.

Kamu harus berhati-hati saat ingin memasuki area gua, karena tangga batu agak licin karena kondisi gua yang basah. Jangan khawatir apabila kamu ingin berenang, air di dalam goa yang jernih ini bak jadi oasis di tengah terik panasnya Kota Kupang.

Spot liburan di Pantai Tablolong, menyajikan keindahan dan ketenangan bagi wisatawan.

2. Wisata Alam di Kupang: Pantai Tablolong

Tablolong eksis karena menjadi produsen rumput laut terbesar di NTT, loh! Di sini, kamu akan menjumpai pantai yang alami, pasti pantai ini pas untuk dijadikan destinasi kunjungan untuk mencari ketenangan.

Anda akan dimanjakan oleh angin sepoi-sepoi di lopo (gazebo) yang sudah disediakan pengelola di sekitar pantai. Tidak mengherankan jika pantai ini menjadi tempat yang populer bagi para pemancing dan wisatawan.

Untuk menuju ke Pantai Tablolong ini, kamu sudah bisa menikmati akses jalan yang telah diaspal, gunakanlah kendaraan pribadi, atau dengan menyewa kendaraan darat lainnya.

Jaraknya pun hanya sekitar 1 – 1,5 jam jika diukur dari pusat Kupang. Keindahan Pantai Tablolong ini akan jadi jaminan bagi Anda, karena Anda pun dijamin tidak akan menyesal mengunjunginya.

BACA JUGA: REKOMENDASI WISATA LABUAN BAJO TERBAIK!

3. Gunung Fatule’u

JIka diartikan, maka Fatule’u dalam bahasa setempat berarti batu keramat. Konon, karena banyak peristiwa yang penting di Indonesia bisa diprediksi dari batu keramat ini, yakni dengan jatuhnya batu dari atas tebing. Bukit berbatu ini memiliki ketinggian hingga 1.111 meter di atas permukaan air laut loh! Lumayan tinggi juga ya!

Kalau kamu berani, maka kamu dapat mendaki ke Gunung Fatule’u ini dengan meminta bantuan tour guide lokal. Tentunya, rasa bosan letika menaiki Gunung Fatule’u akan terbayar dengan pesona keindahan yang tampak dari puncaknya.

Gunung Fatule’u cuma bisa dicapai dengan kendaraan pribadi, kamu harus melalui jalan beraspal menuju kota So’e, kemudian melakukan hiking ke atas puncak. Jangan khawatir kelaparan, ada beberapa warung yang menjajakan makanan di kaki Gunung Fatule’u ini.

Mencari keteduhan alami di Air Terjun Oenesu, jadi opsi liburan recommended!

4. Air Terjun Oenesu

Spot wisata lain yang tak kalah memikatnya adalah Air Terjun Oenesu. Menariknya, di sini tidak pernah kering dari derasnya air, bahkan di musim kemarau sekalipun.

Hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit dari pusat kota. Anda seolah akan menemukan sisi lain dari kota Kupang yang gersang dan terkenal panas. Air Terjun Oenesu ini mempunyai keunikan berupa ada empat tingkatan yang membentuk kolam alami di tiap tingkatannya.

Jangan ragu khawatir bila kamu ingin berenang di kolam air terjun, karena di sini sudah disediakan toilet dan kamar mandi. Bagi yang tidak ingin basah kuyup, kamu bisa menikmati air yang mengalir serta suasana sejuk di atas gazebo serta jembatan kecil.

Dengan fasilitas yang cukup memadai untuk healing, Anda dapat menikmati hijaunya berbagai tumbuhan serta rimbun pohon yang memberikan keteduhan yang menenangkan. Bukankah itu keren?

5. Wisata Alam di Kupang: Pantai Oetune

Pantai ini mempunyai desir pasir putih yang begitu halus dan ombak tenang yang cantiknya luar biasa. Tidak jauh dari bibir pantai, Anda akan terkagum-kagum dengan pemandangannya, sebab di sana terhampar bak Gurun Sahara yang tidak ada bandingannya di Indonesia.

Gurun pasir ini belum banyak dikenal dan dikunjungi pelancong, maka dari itu tampak gurun ini masih terjaga dengan baik. Angin yang menerpa pantai kemudian akan membuat tikungan dan belokan unik di gurun pasirnya. Dijamin, kamu akan bisa menyaksikan pesona gurun pasir yang gersang, dengan pesona pantai yang menyegarkan dalam satu tempat.

BACA JUGA: INGIN KE AMBON? INI TEMPAT WISATA DI AMBON PALING JOS!

6. Pulau Kera

Pulau Kera adalah spot wisata indah yang terletak di ujung kota. Perjalanan panjang diperlukan untuk sampai ke wisata alam ini, namun sesampainya di pulau ini, kamu akan merasakan sensasi memiliki pulau pribadi yang menawarkan banyak sajian keindahan alam.

Wisata alam di sini merupakan spot yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu liburan Anda. Kesibukan dengan berbagai aktivitas kerja tentunya membuat semua orang lelah, dan Pulau Kera adalah jawaban jika kamu ingin sesuatu yang menyegarkan pikiran. Pengunjung tidak hanya bisa puas dengan keindahan pantainya, tapi juga menikmati kesejukan airnya yang sejuk.

Pantai Kolbano sudah dikenal keindahannya, kamu mau ke sini?

7. Wisata Alam di Kupang: Pantai Kolbano

Pantai unik ini telah eksis di dunia internasional, loh! Beberapa kanal media internasional, sebut saja National Geographic, pernah membagikan ulasannya mengenai Pantai Kolbano serta berbagai keunikan yang dimilikinya.

Sebenarnya, Pantai Kolbano ini memang di luar administrasi wilayah Kupang, akan tetapi memang Pantai Kolbano dikenal dalam wilayah Kupang. Sebab keindahannya, Pantai Kolbano ini pasti membuat semua orang merasa kagum. Bagi yang berkunjung ke Kupang harus mampir ke sini!

Pantai ini bisa ditempuh dalam waktu 3 – 4 jam dengan mengendarai kendaraan pribadi ataupun dengan menyewa kendaraan dari pusat Kota Kupang. Pantai Kolbano ini memiliki keunikan karena mempunyai kerikil yang berwarna

Di samping itu, air di pantai ini tidak berwarna biru muda, tetapi seperti biru susu. Anda bisa menikmati keindahan pantai ini secara gratis, loh! Kamu pun bisa melihat nuansa keaslian tempat ini, banyak nelayan tradisional terlihat sedang memancing dari jauh. Ini adalah pemandangan tenang yang tidak bisa Anda lupakan dari Indonesia Timur.

kurniawan

Recent Posts

Hidden Gems Sumatera, 6 Tempat Wisata Dumai Paling Eksotis!

Hidden Gems Sumatera, 6 Tempat Wisata Dumai Paling Eksotis! Tempat Wisata Dumai - Dumai adalah…

1 year ago

WOW, Rekomendasi Wisata Alam di Jambi Paling Populer!

WOW, Rekomendasi Wisata Alam di Jambi Paling Populer! Wisata Alam di Jambi - Wisata alam…

1 year ago

Sangat Hits! Tempat Wisata di Jember Paling Kekinian!

Sangat Hits! Tempat Wisata di Jember Paling Kekinian! Dalam konteks tempat wisata di Jawa Timur,…

1 year ago

6 Tempat Wisata Bahari Bengkulu, Sangat Eksotis!

6 Tempat Wisata Bahari Bengkulu, Sangat Eksotis! Terletak di lautan Sumatera Barat, Bengkulu menyimpan banyak…

1 year ago

Tempat Wisata Populer di Samarinda, Paling Recommended!

Tempat Wisata Populer di Samarinda, Paling Recommended! Kamu sedang berlibur di Kalimantan Timur? Tidak lengkap…

1 year ago

6 Tempat Wisata Kupang Untuk Berlibur!

6 Tempat Wisata Kupang Untuk Berlibur! Kupang dikenal sebagai kota dengan bangunan dengan corak arsitektur…

1 year ago