Jelajah Kota

6 Tempat Wisata Alam Banyuwangi, Dijamin Kekinian!

6 Tempat Wisata Alam Banyuwangi, Dijamin Kekinian!

Banyuwangi adalah sebuah kota yang letaknya berada di ujung timur provinsi Jawa Timur. Kota ini lebih familiar dikenal sebagai tempat “transit” bagi wisatawan yang akan berlibur ke Bali. Namun tak kalah dengan Destinasi Bali, Banyuwangi juga punya banyak tujuan Wisata Alam Banyuwangi yang recommended, loh!

Sejatinya Banyuwangi juga memiliki tempat wisata keren dan bikin betah. Nggak percaya? Yuk, Simak 6 tempat wisata keren yang bisa kamu temukan di Kota Banyuwangi!

1. Teluk Ijo Banyuwangi

Teluk Ijo adalah salah satu tempat wisata andalan di Banyuwangi yang sering dikunjungi wisatawan domestik atau mancanegara. Para pelancong mancanegara sering menyebut tempat ini sebagai “Green Bay”.

Dinamakan Teluk Hijau karena air di teluk ini sangat bersih hingga menampilkan warna biru kehijauan. Gradiasi warna itu memunculkan pemandangan yang luar biasa eksotis, terlebih ketika momen terbit dan tenggelamnya matahari.

Dijamin panorama Teluk Hijau akan membuat kamu terpesona dan kerasan untuk bersantai di tempat ini. Apalagi setiap sudut di tempat ini juga sangat cocok dijadikan tempat untuk berswafoto.

Pemandangan ini dilengkapi dengan hamparan pasir putih serta hutan asri yang ada di sekeliling teluk ini. Kamu juga bisa melakukan beberapa kegiatan seru seperti bermain air dan berenang di tepian pantai.

Lokasi: Dusun Krajan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk: Rp 7.500
Jam Buka: 08.00 – 16.00 WIB

Keindahan Kawah Ijen yang menjadi ikon penting di Banyuwangi.

2. Wisata Alam Banyuwangi: Kawah Ijen

Tidak lengkap rasanya mengunjungi Banyuwangi tanpa mendatangi Kawah Ijen, sebuah Danau Asam yang memiliki keindahan eksotis. Danau ini terbentuk secara alami akibat letusan Gunung Ijen beberapa tahun lalu.

Daya tarik utama dari Kawah Ijen adalah adanya fenomena alam berupa api biru (blue fire) yang bisa dilihat pada malam hari. Api biru tersebut muncul sebagai reaksi dari gas bumi yang bercampur oksigen di suhu tertentu.

Pemandangan akan semakin estetik ketika memasuki waktu terbitnya matahar (sunrise). Sinar matahari yang baru muncul membuat tempat ini sangat instagramable karena cocok dijadikan tempat swafoto. Demi mendapatkan pemandangan api biru dan sunrise tersebut, disarankan untuk mulai melakukan pendakian ke Kawah Ijen pada malam hari.

Lokasi: Kompleks Gunung Ijen, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk: Rp 7.500
Jam Buka: 03.00 – 12.00 WIB

3. Akbar Zoo

Punya rencana berlibur ke Banyuwangi bersama keluarga ? Ada Akbar Zoo yang siap membuat liburan keluarga menyenangkan. Akbar Zoo adalah sebuah tempat yang memadukan kebun binatang mini dan taman bermain.

Sebagai kebun binatang mini, Akbar Zoo memiliki koleksi berbagai hewan lucu yang bisa diajak bermain bersama anak-anak. Contohnya seperti domba, kelinci, sapi dan lain sebagainya.

Sementara dalam hal wahana permainan ada bukit teletubies dan kolam renang untuk anak-anak. Tersedia juga beberapa atraksi seru yang mengundang adrenalin seperti Flying Fox dan Skybike.

Menariknya, ada sebuah tempat swafoto yang didesain mirip dengan kota-kota di Eropa. Mulai dari kincir angin ala Belanda hingga castle dengan beberapa objek berwarna-warni.

Lokasi: Jalan Raya Ijen, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000
Jam Buka: 08.00 – 16.00 WIB

Wisatawan mancanegara sedang berjalan menikmati keindahan Pantai Pulau Merah.

4. Wisata Alam Banyuwangi: Pantai Pulau Merah

Banyuwangi terkenal karena memiliki sejumlah destinasi wisata pantai pasir putih. Namun Kabupaten ini nyatanya juga memiliki wisata pantai dengan warna pasir yang berbeda yakni Pantai Pulau Merah.

Sesuai dengan namanya, Pantai Pulau Merah terletak di sebuah bukit yang tanahnya berwarna merah seperti batu bata. Disinilah letak kelebihan Pantai Pulau Merah karena warna merah dari bukit menjadi estetik saat dipadukan dengan sinar matahari.

Arus ombak di pantai ini cukup besar sehingga kamu dapat melakukan kegiatan seperti surfing atau sekedar camping. Namun sebelum berenang, wajib melapor kepada penjaga pantai dulu agar dapat memilih tempat yang arusnya tidak terlalu besar.

Lokasi: Dusun Pancer, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000 (Belum termasuk parkir)
Jam Buka: 07.00 – 17.00 WIB

BACA JUGA: HIDDEN GEMS DI BALI, JARANG DIJUMPAI TURIS!

5. Pantai Sukamade

Pantai Sukamade adalah sebuah tempat wisata yang juga merupakan tempat konservasi penyu. Jadi, kamu dapat menikmati pesona keindahan alam sekaligus melihat telur  penyu yang berada di pantai ini.

Panoramanya Pantai Sukamade juga eksotis karena dikelilingi oleh hamparan pasir putih serta arus ombak yang tidak terlalu besar. Kamu dapat berenang dan bermain di bibir pantai dengan arus ombak yang sedang.

Saat momen matahari terbit atau tenggelam, panorama Pantai Sukamade juga semakin indah dengan cahaya matahari yang menyatu dengan warna air yang bersih kebiruan. Banyak pengunjung yang bahkan mendirikan tempat camping agar dapat menikmati momen sunrise atau sunset di pantai ini.

Lokasi: Dusun Sukamade, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000 – Rp 25.000
Jam Buka: 24 Jam

Diburu oleh banyak fotografer karena lanskap alam De Djawatan yang memukau.

6. Wisata Alam Banyuwangi: De Djawatan

De Djawatan adalah sebuah objek wisata yang sering disebut mirip dengan hutan yang ada dalam serial film Lord Of The Rings. Hal ini karena De Djawatan memiliki pohon raksasa trembesi yang lebat dan rindang sama seperti di serial Box Office tersebut.

Lokasi De Djawatan memang berada di tengah kota namun namun rindangnya pepohonan di sekitar menjamin kesejukan yang ada di tempat ini. Tidak hanya menjamin kesejukan, pepohonan tersebut juga kerap dijadikan background swafoto. Di sekitar De Djawatan juga tersedia beberapa tempat duduk di tengah pepohonan sehingga bisa digunakan untuk bersantai di area sejuk.

Lokasi: Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk: Rp 6.000
Jam Buka: 08.00 – 17.00 WIB

kurniawan

Recent Posts

Hidden Gems Sumatera, 6 Tempat Wisata Dumai Paling Eksotis!

Hidden Gems Sumatera, 6 Tempat Wisata Dumai Paling Eksotis! Tempat Wisata Dumai - Dumai adalah…

1 year ago

WOW, Rekomendasi Wisata Alam di Jambi Paling Populer!

WOW, Rekomendasi Wisata Alam di Jambi Paling Populer! Wisata Alam di Jambi - Wisata alam…

1 year ago

Sangat Hits! Tempat Wisata di Jember Paling Kekinian!

Sangat Hits! Tempat Wisata di Jember Paling Kekinian! Dalam konteks tempat wisata di Jawa Timur,…

1 year ago

6 Tempat Wisata Bahari Bengkulu, Sangat Eksotis!

6 Tempat Wisata Bahari Bengkulu, Sangat Eksotis! Terletak di lautan Sumatera Barat, Bengkulu menyimpan banyak…

1 year ago

Tempat Wisata Populer di Samarinda, Paling Recommended!

Tempat Wisata Populer di Samarinda, Paling Recommended! Kamu sedang berlibur di Kalimantan Timur? Tidak lengkap…

1 year ago

6 Tempat Wisata Kupang Untuk Berlibur!

6 Tempat Wisata Kupang Untuk Berlibur! Kupang dikenal sebagai kota dengan bangunan dengan corak arsitektur…

1 year ago