Jelajah Kota

6 Rekomendasi Tempat Wisata Tanjung Pinang Paling Hits!

6 Rekomendasi Tempat Wisata Tanjung Pinang Paling Hits!

Sedang berlibur di Provinsi Kepulauan Riau? Jangan lupa untuk mampir ke Tanjung Pinang, kota dengan sejuta pesona wisata. Lokasinya memang tak se-gemerlap Batam, namun Tanjung Pinang siap menghipnotis kamu dengan sejumlah koleksi wisatanya. Nah, agar memudahkan kamu menyusun rencana liburan di kota ini, yuk cek Tempat Wisata Tanjung Pinang paling hits!

1. Bukit Panglong

Ingin ke tempat aesthetic yang low budget di kawasan Tanjung Pinang? Yuk, datang ke Bukit Panglong. Waduk yang dulunya tambang batu granit ini kini tersedia gratis dan punya pemandangan indah.

Pesona andalan dari Bukit Panglong adalah keberadaan sebuah telaga yang airnya berwarna biru tosca. Hal ini didukung dengan dataran sekitar telaga yang berwarna putih, sangat mirip seperti gurun pasir.

Praktis, lanskap dari bukit panglong memiliki tempat yang instagramable. Lokasinya yang ada di perbukitan semakin mendukung udaranya sejuk membuat area ini terasa sangat nyaman.

Bukit Panglong sendiri dulunya adalah sebuah area bekas pertambangan batu granit. Setelah aktivitas itu selesai, ada sebuah cekungan yang kemudian terisi oleh air hujan.

Alamat: Kec. Bintan Timur, Kab. Bintan, Kepulauan Riau
Harga Tiket Masuk: Gratis
Jam Buka: 24 Jam

Rekomendasi wisata di Tanjung Pinang adalah Gurun Pasir Busung.

2. Gurun Pasir Busung

Pernah membayangkan berwisata ke area gurun pasir ala Timur Tengah di Indonesia? Ya, wisata semacam itu tersedia di Gurun Pasir Busung yang berjarak hanya 44 menit dari pusat kota Tanjung Pinang.

Dijamin vibes ala timur tengah yang kental akan sangat terasa di sini. Kamu akan dibawa ke sebuah area padang pasir luas. Kegiatan favorit para pengunjung adalah bermain hingga berjalan menanjaki gumpalan gunung pasir yang cukup tinggi.

Terlihat sederhana memang, tapi banyak wisatawan yang mengaku excited menikmati hamparan padang pasir tersebut. Butuh spot foto instagramable? Foto pada saat berada di gunungan pasir akan menjadi angle yang menarik!

Namun usahakan ketika datang ke Gurun Pasir Busung di siang hari ketika cuaca panas ya! Tenang saja suhu panas nantinya akan terbayar lunas dengan liburan ala timur tengah.

Dulunya Gurun Pasir Busung adalah area pertambangan pasir. Namun setelah adanya regulasi yang tidak memperbolehkan penambangan pasir di Riau, tempat ini disulap menjadi kawasan wisata. Meski bekas area tambang tapi udaranya bersih dari aroma belerang. Lokasi Gurun Pasir Busung juga cukup strategis sehingga kamu bisa melangkah ke tempat wisata lain dari sini.

Alamat: Jalan Raya Busung, Kab. Bintan, Pulau Riau
Harga Tiket Masuk: Gratis
Jam Buka: 07.00 – 18.00 WIB

BACA JUGA: JOS, INI WISATA SABANG PALING RECOMMENDED!

3. Tempat Wisata Tanjung Pinang: Trans Studio Garden

Trans Studio Garden adalah tempat paling cocok untuk liburan dan seru-seruan bareng keluarga di Tanjung Pinang. Ada banyak wahana bermain seru yang tersedia untuk berbagai kalangan dan usia. Mulai dari yang bernuansa 3D, outbound dan wahana anak tersedia.

Seperti Trans Studio yang ada di kota lain, wahana paling populer adalah Jurassic Park serta taman untuk bersantai. Selain dua primadona itu, ada beberapa wahana yang tak kalah seru, seperti berikut ini:

  • Ferris Wheel
  • Happy Swing
  • Mini Train
  • Driving School
  • Sky Rider
  • Poison Tower
  • Sepeda Air

Suasana Trans Studio bisa berubah tergantung waktu. Misalnya saat siang hari Trans Studio bisa nampak seperti taman bermain yang seru. Namun pada malam hari suasana akan berubah total karena lampu penerangan berubah menjadi samar temaram.

Alamat: Jln. Adi Sucipto, Kec. Tanjung Pinang, Kepulauan Riau
Harga Tiket Masuk: Rp. 33.950
Jam Buka: 11.00 – 21.00 WIB

Keindahan Danau Biru Kijang yang memesona, cocok bagi para traveler!

4. Danau Biru Kijang

Danau Biru Kijang berjarak 63 KM dari Kota Tanjung Pinang. Agak jauh memang, namun perjalanan itu sepadan dengan pesona Danau Biru Kijang yang siap membuat kamu terkesima. Danau ini adalah tempat wisata favorit di Kepulauan Riau.

Keindahan danau terletak pada airnya yang bersih kebiruan. Tidak heran permukaan dasar laut akan nampak ketika dilihat dari atas.  Uniknya, lokasi Danau Biru Kijang bersebelahan dengan Gurun Pasir Busung. Jadi, di pinggiran danau dipenuhi hamparan pasir yang nampak seperti bukit putih.

Warna biru Danau Biru Kijang yang terlihat kontras dengan gurun pasir membuatnya cocok dijadikan spot foto yang instagramable. Oleh karena itu, jangan sampai kelewatan untuk mengunjungi danau ini ya!

Alamat: Gunung Kijang, Kab. Bintan, Prov. Riau
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000
Jam Buka: 24 Jam

BACA JUGA: 7 TEMPAT WISATA DUMAI PALING BANYAK DIKUNJUNGI!

5. Tempat Wisata Tanjung Pinang: Areca Waterpark

Tanjung Pinang juga memiliki opsi Areca Waterpark sebagai tempat wisata yang cocok untuk berlibur dengan keluarga. Ada banyak wahana baik itu orang dewasa dan anak-anak yang tersedia di sini.

Wahana untuk orang dewasa yang menantang adrenalin adalah kolam ombak. Kamu akan diajak berpetualang di sebuah kolam dengan tinggi 2.5 meter. Selain itu tersedia juga tower slide dan ember tumpah.

Sedangkan wahana anak disediakan dalam bentuk pool kids. Di kolam ini para anak akan diajak berenang pada sebuah kolam dengan arus yang sedang. Ingin bersantai? Areca Waterpark juga punya aneka food court.

Alamat: Tanjung Pinang Timur, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau
Harga Tiket Masuk: Rp 25.000
Jam Buka: 08.00 – 17.00 WIB

Nikmati keindahan dan kesejukan saat sunset di Pantai Trikora.

6. Tempat Wisata Tanjung Pinang: Pantai Trikora

Pantai Trikora berlokasi di Bintan dan berjarak 45 km dari Kota Tanjung Pinang. Ada banyak alasan yang membuat kamu wajib memasukan pantai ini layak untuk kamu kunjungi bersama teman atau saudara.

Garis Pantai Trikora cukup panjang yakni sejauh 25 kilometer. Di sepanjang garis tersebut juga dipenuhi dengan hamparan pasir putih. Apalagi perairan di pantai ini cukup dangkal sehingga bisa digunakan untuk berenang. Uniknya, pengelola Pantai Trikora menyediakan paket trip untuk mengunjungi pulau tak berpenghuni di sekitar wilayah pantai.

Alamat: Malang Rapat, Kec. Gunung Kijang, Pulau Bintan
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000
Jam Buka: 24 Jam

kurniawan

Recent Posts

Hidden Gems Sumatera, 6 Tempat Wisata Dumai Paling Eksotis!

Hidden Gems Sumatera, 6 Tempat Wisata Dumai Paling Eksotis! Tempat Wisata Dumai - Dumai adalah…

1 year ago

WOW, Rekomendasi Wisata Alam di Jambi Paling Populer!

WOW, Rekomendasi Wisata Alam di Jambi Paling Populer! Wisata Alam di Jambi - Wisata alam…

1 year ago

Sangat Hits! Tempat Wisata di Jember Paling Kekinian!

Sangat Hits! Tempat Wisata di Jember Paling Kekinian! Dalam konteks tempat wisata di Jawa Timur,…

1 year ago

6 Tempat Wisata Bahari Bengkulu, Sangat Eksotis!

6 Tempat Wisata Bahari Bengkulu, Sangat Eksotis! Terletak di lautan Sumatera Barat, Bengkulu menyimpan banyak…

1 year ago

Tempat Wisata Populer di Samarinda, Paling Recommended!

Tempat Wisata Populer di Samarinda, Paling Recommended! Kamu sedang berlibur di Kalimantan Timur? Tidak lengkap…

1 year ago

6 Tempat Wisata Kupang Untuk Berlibur!

6 Tempat Wisata Kupang Untuk Berlibur! Kupang dikenal sebagai kota dengan bangunan dengan corak arsitektur…

1 year ago