Jelajah Kota

5 Tempat Wisata Semarang yang Wajib Untuk Kamu Kunjungi!

5 Tempat Wisata Semarang yang Wajib Untuk Kamu Kunjungi!

Semarang terkenal sebagai kota yang memiliki banyak Tempat Wisata Semarang dengan latar sejarah, sebut saja seperti Lawang Sewu hingga Museum Ambarawa.

Namun seiring dengan berjalannya waktu Ibu Kota Jawa Tengah ini mulai bersolek dengan menghadirkan varian tempat wisata baru dengan konsep kekinian. Hasilnya, Semarang menjadi salah satu kota yang mampu menarik banyak wisatawan dari dalam maupun luar kota.

Nah, bagi kamu yang memiliki rencana liburan atau itinerary ke Semarang, berikut ini adalah tempat yang wajib untuk kamu kunjungi:

1. Tempat Wisata Semarang: River Walk Boja

River Walk Boja adalah salah satu contoh tempat wisata baru di Semarang. Idola wisata baru ini sangat cocok digunakan sebagai tempat healing di akhir pekan.

River Walk Boja ini menawarkan opsi liburan yang lengkap mulai dari kolam renang serta tempat yang berisi berbagai satwa. Mulai dari Bird Paradise, sebuah tempat yang berisi berbagai macam burung. Di sini kamu juga bisa berfoto dan ikut memberi makan burung. 

Selain itu, tersedia juga Animal House, yaitu sebuah rumah puluhan kucing lucu dan kelinci. Dua hewan lucu ini juga bisa dengan bebas kamu ajak bermain. Nah, Animal House ini merupakan tempat favorit pengunjung yang untuk dijadikan spot foto. Harus diakui, jika tempatnya memang instagramable

Kamu sedang berlibur bersama keluarga? River Walk Boja juga menyediakan sebuah playground yang didesain untuk anak di bawah umur. Mulai lapar dan haus setelah berkeliling di River Walk Boja? Ada Senang Gelato tempat untuk makan dessert khas Italia.

Lokasi: Jalan Veteran, Boja, Kabupaten Kendal
Harga Tiket Masuk: Rp 25.000 – Rp 30.000
Jam Buka: 09.00 – 18.00 WIB

Saloka Theme Park, bisa menjadi pilihan rekreasi keluarga.

2. Saloka Theme Park

Saloka Theme Park merupakan destinasi wisata dengan konsep taman tematik. Jadi, tempat ini sangat kental dengan kearifan lokal Semarang. Berdiri di lahan seluas 12 hektar yang namanya diambil dari tokoh pahlawan lokal yakni Loka dan diabadikan menjadi nama tempat bermain. Total Saloka Theme Park memiliki 25 wahana seru yang terbagi menjadi 5 zona berbeda. Berikut daftar zona tersebut:

  • Pesisir
  • Balalantara
  • Kamayani
  • Ararya
  • Segara Prada

Kamu bisa menikmati Kumbang Layang, sebuah wahana air bike dengan tinggi 4 meter yang bisa berputar 360 derajat. Ada juga wahana Ferris Wheel yang hadir dengan ketinggian 33 meter. Di wahana ini kamu bisa melihat pemandangan rawa pening dari ketinggian. Saloka Theme Park juga memiliki tempat wisata edukasi sains untuk anak di bawah umur dengan mengunjungi Lumbung Ilmu Galileo.

Lokasi: Jln. Fatmawati, Kec. Tuntang, Kab. Semarang
Harga Tiket Masuk: Rp 120.000 – Rp 150.000
Jam Buka: 10.00 – 19.00 WIB

BACA JUGA: 10 WISATA FAVORIT YOGYAKARTA, COCOK UNTUK MUDA-MUDI!

3. Tempat Wisata Semarang: Umbul Sido Mukti

Tidak hanya dibanjiri oleh berbagai wisata kekinian saja, Semarang juga masih punya andalan dalam destinasi wisata alam lewat kawasan Umbul Sidomukti. Sebelumnya, harus diakui jika jalanan menuju Umbul Sidomukti sangat menantang karena harus melalui berbagai tanjakan. 

Namun setelah sampai di lokasi, dijamin rasa lelah akan terbayar tuntas karena pemandangan yang indah. Background dari Umbul Sidomukti ini adalah kombinasi pemandangan Gunung Unggaran, Merbabu yang ditambah dengan Danau Rawa Pening. 

Pemandangan akan semakin estetik di kala menjelang petang. Hal ini karena akan ada tampilan matahari terbenam (sunset). Ada hal yang menarik disini, kamu juga dapat menyaksikan momen matahari terbenam tersebut pada sebuah kolam renang yang ada di atas bukit. Dijamin, kamu tidak akan kehabisan stok foto ketika sedang berada di Umbul Sidomukti. 

Lokasi: Umbul Sidomukti, Jimbaran, Kabupaten Semarang
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000 – Rp 10.000
Jam Buka: 08.00 – 16.00 WIB

Potret Dusun Semilir yang dipenuhi dengan berbagai wahana wisata colorful.

4. Tempat Wisata Semarang: Dusun Semilir

Semarang, juga memiliki Dusun Semilir, sebuah taman bermain yang dilengkapi berbagai macam wahana seru serta wisata untuk edukasi. Sejatinya tempat ini berdiri pada tahun 2018 lalu, namun sudah menjadi tempat favorit anyar bagi warga kota yang terkenal dengan lumpianya ini.

Ada dua daya tarik utama dari Dusun Semilir. Pertama adalah keberadaan perosotan warna-warni dengan tinggi 30-meter dan panjang 130 meter. Di sini kamu bisa bermain sekaligus memacu adrenalin tempatnya yang sangat tinggi. Namun saat hujan turun wahana ini akan ditutup karena dianggap berbahaya.

Selain perosotan pelangi, Dusun Semilir juga dilengkapi dengan jelajah Eropa. Di sini kamu akan menemukan replika tempat indah dari berbagai negara Eropa. Ada replika Mykonos, Venesia, Maroko hingga French Villages, praktis unsur Eropa akan sangat kental! 

Dusun Semilir juga memiliki sebuah tempat yang memang khusus digunakan sebagai spot foto yaitu Alas Tirta. Nah, wilayah Jelajah Eropa dan Alas Tirta ini yang menjadi favorit pengunjung karena memiliki spot foto yang instagramable.

Lokasi: Jalan Soekarno Hatta No. 49, Kab. Semarang.
Harga Tiket Masuk: Rp 30.000 – Rp 45.000
Jam Buka: 08.00 – 20.00 WIB

5. Cimory the Valley

Cimory The Valley juga bisa menjadi opsi menarik bagi kamu yang berencana untuk berlibur ke Semarang. Disini kamu bisa melakukan rekreasi disertai dengan edukasi mengenai proses pembuatan susu melalui Tour Wahana Susu. Pada saat bergabung dengan Tour Wahana Susu, kamu akan melihat bagaimana susu diolah kemudian dijadikan sebuah produk berupa permen atau yoghurt.

Cimory juga memiliki Minimania, yaitu sebuah tempat replika kota Eropa yang instagramablePada tempat ini kamu bisa menemukan berbagai miniatur landmark yang didesain sangat mirip dengan kota-kota di Eropa. Contohnya seperti Menara Eiffel, Menara Pisa hingga Candi Borobudur dan Monas. Di setiap Landmark disediakan tempat khusus untuk mengambil foto. 

Lokasi: Jln. Soekarno Hatta No.30, Begajah, Kec. Bergas, Kab. Semarang.
Harga Tiket Masuk: Rp 15.000 – Rp 75.000
Jam Buka: 09.00 – 20.00 WIB

kurniawan

Recent Posts

Hidden Gems Sumatera, 6 Tempat Wisata Dumai Paling Eksotis!

Hidden Gems Sumatera, 6 Tempat Wisata Dumai Paling Eksotis! Tempat Wisata Dumai - Dumai adalah…

1 year ago

WOW, Rekomendasi Wisata Alam di Jambi Paling Populer!

WOW, Rekomendasi Wisata Alam di Jambi Paling Populer! Wisata Alam di Jambi - Wisata alam…

1 year ago

Sangat Hits! Tempat Wisata di Jember Paling Kekinian!

Sangat Hits! Tempat Wisata di Jember Paling Kekinian! Dalam konteks tempat wisata di Jawa Timur,…

1 year ago

6 Tempat Wisata Bahari Bengkulu, Sangat Eksotis!

6 Tempat Wisata Bahari Bengkulu, Sangat Eksotis! Terletak di lautan Sumatera Barat, Bengkulu menyimpan banyak…

1 year ago

Tempat Wisata Populer di Samarinda, Paling Recommended!

Tempat Wisata Populer di Samarinda, Paling Recommended! Kamu sedang berlibur di Kalimantan Timur? Tidak lengkap…

1 year ago

6 Tempat Wisata Kupang Untuk Berlibur!

6 Tempat Wisata Kupang Untuk Berlibur! Kupang dikenal sebagai kota dengan bangunan dengan corak arsitektur…

1 year ago